5 Rahasia Di Balik Laris Manis E-Commerce China: UMKM Jadi Korban

Ecommerce China
Sumber :
  • Istimewa

GadgetPelajari modus Shein dan Temu yang dituduh gunakan dark pattern untuk mendorong konsumsi berlebih.

Platform ecommerce asal China, Shein dan Temu, kembali menjadi sorotan setelah organisasi konsumen Eropa, BEUC, melaporkan penggunaan strategi manipulatif yang dikenal sebagai dark pattern. Strategi ini digunakan untuk membuat pengguna terus berbelanja tanpa henti.

BEUC mengadukan Shein ke Komisi Eropa atas berbagai praktik bisnis yang dianggap tidak etis. Salah satunya adalah pemanfaatan notifikasi berlebihan hingga 12 kali sehari.

Selain itu, platform ini juga memakai hitung mundur promosi, pop-up yang mencegah pengguna keluar dari aplikasi, serta game interaktif untuk meningkatkan waktu layar pengguna.

Penggunaan Game Interaktif untuk Perpanjang Waktu Layar

Salah satu contoh paling mencolok dari dark pattern yang digunakan oleh Shein adalah fitur game seperti "Puppy Keep". Dalam permainan ini, pengguna diminta merawat anak anjing virtual dengan mengumpulkan poin.

Poin tersebut bisa didapat lewat aktivitas scrolling atau melakukan pembelian. Jika pengguna tidak membuka aplikasi setiap hari, poin akan hilang, sehingga mereka dipaksa untuk tetap aktif.