Instagram Uji Coba Iklan Tak Bisa Dilewati: Ganggu Pengguna atau Sumber Cuan?
- business insider
Gadget – Pengguna media sosial dibuat kaget baru-baru ini setelah Instagram mengonfirmasi sedang menguji coba iklan yang tidak bisa dilewati di dalam aplikasinya.
Fitur baru yang dijuluki "ad breaks" ini menampilkan cuplikan layar dengan penghitung waktu mundur, yang pada dasarnya menghentikan pengguna untuk terus melihat-lihat feed mereka sampai iklan selesai diputar.
Format ini, menurut juru bicara Meta, akan memberikan nilai tambah bagi para pengiklan.
Langkah Instagram ini mirip dengan strategi iklan yang diterapkan oleh YouTube versi gratis, yang mengharuskan penonton untuk menonton iklan sebelum dan terkadang di sela-sela video.
Perubahan ini masuk akal bagi Instagram, mengingat evolusinya sendiri menjadi platform yang sangat fokus pada konten video melalui fitur seperti Stories dan Reels, melangkah jauh dari akarnya sebagai aplikasi berbagi foto.
Meskipun Instagram masih bungkam mengenai detail spesifik, juru bicara Meta mengonfirmasi pengujian tersebut kepada TechCrunch. Mereka menyatakan bahwa perusahaan sedang mengeksplorasi "format yang dapat memberikan nilai tambah bagi pengiklan."
Juru bicara tersebut menekankan bahwa ini adalah pengujian dan setiap perubahan potensial berdasarkan hasil akan dikomunikasikan.