Akuisisi Tokopedia, TikTok Shop Resmi Beroperasi Kembali di Indonesia
- Getty Images
Gadget – TikTok Shop, setelah beberapa waktu dirumorkan, akhirnya secara resmi kembali beroperasi di Indonesia melalui kemitraannya dengan PT GoTo Gojek Tokopedia. Pengumuman ini disampaikan langsung melalui siaran pers di situs resmi TikTok Indonesia.
Dalam siaran pers tersebut, disebutkan bahwa PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk dan TikTok menjalin kemitraan strategis untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Fokus utama kemitraan ini adalah pemberdayaan dan perluasan pasar bagi pelaku UMKM nasional.
Bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan bergabung di bawah naungan PT TikTok, di mana TikTok akan memiliki kendali atas PT Tokopedia.
Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.
Dalam komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional, TikTok akan menginvestasikan lebih dari 1,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 23,4 triliun).
Penting untuk dicatat bahwa investasi ini tidak akan mengurangi kepemilikan GoTo di Tokopedia.
Kesepakatan antara Tokopedia dan TikTok diharapkan membawa berbagai keuntungan bagi GoTo, menjadi mitra eksosistem bagi Tokopedia.
Ini mencakup akses ke layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan layanan on-demand dari Gojek. GoTo akan menerima pendapatan dari Tokopedia sesuai dengan skala dan pertumbuhan perusahaan.
Kerja sama antara TikTok dan Tokopedia akan dimulai dengan periode uji coba yang akan dilakukan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait. Uji coba ini dijadwalkan dimulai pada 12 Desember 2023.
Alasan Penutupan TikTok Shop sebelumnya
Sebelumnya, pada Rabu, 4 Oktober 2023, TikTok Shop ditutup. Pemilik TikTok, ByteDance, mengambil langkah ini untuk mematuhi Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023 tentang perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan melalui Sistem Elektronik.
Regulasi ini membatasi social commerce seperti TikTok, Instagram, dan Facebook untuk hanya memfasilitasi promosi barang dan jasa tanpa melakukan transaksi jual beli di platform masing-masing.
Aturan ini berdampak langsung pada bisnis e-commerce TikTok, yang sebelumnya memungkinkan pengguna untuk bertransaksi langsung di dalam aplikasi.
Dengan kerja sama baru bersama Tokopedia, TikTok Shop kembali beroperasi melalui marketplace lokal Indonesia tersebut.
Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh Tokopedia, membawa pengalaman belanja yang lebih baik bagi pengguna.