Lexus RZ 500e Hadir: Mobil Listrik Pertama Lexus Pakai Steer-by-Wire, Harganya Fantastis!

Lexus RZ 500e
Sumber :
  • lexus

Gadget – Lexus Indonesia resmi memperkenalkan RZ 500e mobil listrik baterai (BEV) pertama dari merek premium Jepang ini yang hadir di Tanah Air dengan teknologi revolusioner Steer-by-Wire (SBW) dan desain setir ala pesawat terbang (yoke). Debut perdana RZ 500e dilakukan di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025 di ICE BSD City, Tangerang, pada Senin (24/11/2025).

Mitsubishi Bikin Heboh GJAW 2025! Empat Mobil Modifikasi Tampil Beda dan Siap Jadi Inspirasi

Mobil ini bukan sekadar kendaraan listrik mewah ia adalah manifestasi visi masa depan Lexus dalam menghadirkan pengalaman berkendara yang intuitif, presisi, dan benar-benar terhubung antara manusia dan mesin. Dan kini, konsumen Indonesia bisa membawanya pulang dengan harga Rp2.488.000.000 (on the road Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi).

Artikel ini mengupas tuntas fitur inovatif Steer-by-Wire, desain setir yoke, performa teknis, jarak tempuh, layanan eksklusif, serta makna strategis kehadiran RZ 500e bagi pasar mobil listrik premium di Indonesia.

SUV Listrik Geely EX2 Debut di GJAW 2025, Intip Spesifikasinya!

Steer-by-Wire: Revolusi Sistem Kemudi Tanpa Kabel Mekanis

Salah satu fitur paling revolusioner dari Lexus RZ 500e adalah Steer-by-Wire (SBW) teknologi yang menghilangkan seluruh koneksi mekanis antara setir dan roda depan. Tidak ada lagi kolom kemudi, rack-and-pinion, atau sistem hidrolik tradisional.

Deretan Mobil Baru di GJAW 2025 yang Bikin Persaingan Makin Panas, Dua Brand China Lakukan Debut

Alih-alih, perintah kemudi dari pengemudi dikonversi menjadi sinyal elektronik yang dikirim ke aktuator di roda depan. Sistem ini dikembangkan berdasarkan pengalaman Lexus dalam menghadirkan kendaraan listrik generasi pertama, dengan tujuan utama: menghadirkan respons kemudi yang lebih cepat, presisi lebih tinggi, dan pengalaman berkendara yang lebih menyatu.

“Benefitnya pertama, visibility jadi lebih clear. Kedua, dia akan lebih responsif,” ujar Ima Nurbani Rahmah, General Manager Lexus Indonesia. “Ketika low speed, dia lebih responsif. Tapi ketika high speed, dia jaga stability.”

Desain Setir Yoke: Estetika Futuristik dengan Fungsi Nyata

RZ 500e tidak menggunakan setir bulat konvensional melainkan setir berbentuk yoke, mirip yang ditemukan di kokpit pesawat atau mobil balap Formula 1. Namun, ini bukan sekadar gaya.

Menurut Lexus, desain yoke memberikan tiga manfaat utama:

  • Visibilitas lebih baik ke instrumen dan jalanan depan
  • Minim pergerakan tangan berkat sudut kemudi yang lebih kecil
  • Kontrol lebih optimal karena tidak perlu putaran penuh saat manuver
Halaman Selanjutnya
img_title