Gampang dan Murah! Begini Cara Ganti Komstir Motor Sendiri di Rumah

Cara Ganti Komstir Motor Sendiri
Sumber :
  • lifeworks

Banyak pengendara motor yang merasa setir motornya mulai berat atau terasa jedag-jedug saat dibelokkan. Jika kamu merasakan hal itu, kemungkinan besar penyebabnya adalah kerusakan pada komstir. Komstir adalah komponen penting yang menghubungkan stang dengan roda depan. Untungnya, kamu bisa mengganti komstir motor sendiri dengan cara yang mudah dan murah, bahkan tanpa harus ke bengkel asal tahu langkah-langkahnya.

Fort 250 Adventure CBS Resmi Meluncur, Ini Bedanya dari Varian ABS

Untuk kamu yang suka oprek motor atau sekadar ingin hemat biaya, artikel ini akan membimbingmu mengganti komstir motor dengan aman, cepat, dan efisien. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!


10 Tantangan Motor Listrik di Indonesia, Nomor 6 Masih Jadi Ketakutan Banyak Orang

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan

Sebelum memulai proses penggantian, pastikan kamu sudah menyiapkan alat dan bahan berikut:

Tips Praktis Jaga Motor Listrik Tetap Aman dari Banjir
  • Kunci pas atau ring (ukuran tergantung tipe motormu)

  • Obeng (+ dan -)

  • Palu karet

  • Dongkrak atau standar tengah

  • Pelumas/grease

  • Satu set komstir baru (bearing dan rumah komstir)

Kamu bisa membeli komstir di toko onderdil motor atau marketplace. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp30.000 hingga Rp150.000, tergantung merek dan kualitas.


Langkah-langkah Mengganti Komstir Motor

1. Posisikan Motor dengan Aman

Langkah pertama adalah memastikan motor dalam posisi stabil. Gunakan standar tengah atau dongkrak agar roda depan terangkat. Posisi ini penting agar kamu bisa melepas bagian depan motor dengan aman.

2. Bongkar Komponen Depan

Setelah motor aman, lepaskan bagian depan motor, seperti:

  • Spidometer (jika berada di stang)

  • Lampu depan

  • Cover atau pelindung stang

  • Sistem rem depan (baik cakram maupun tromol)

Langkah ini bertujuan untuk membuka akses ke bagian komstir dan segitiga depan.

3. Lepas Roda dan Shockbreaker

Selanjutnya, lepaskan roda depan motor. Jangan lupa cabut kabel speedometer jika masih menggunakan sistem manual. Setelah itu, longgarkan dan lepas baut shockbreaker dari segitiga motor.

4. Buka Segitiga dan Komstir Lama

Gunakan kunci pas untuk membuka mur pengunci komstir. Kemudian, lepaskan segitiga atas dan bawah. Komstir lama biasanya terdiri dari bearing (bola baja) dan rumah komstir. Jika terlihat aus, retak, atau terasa berat saat stang diputar, maka sudah waktunya diganti.

5. Bersihkan dan Pasang Komstir Baru

Halaman Selanjutnya
img_title