Honda Stylo 160: Skuter Retro-Modern yang Stylish, Irit, dan Bertenaga

Honda Stylo 160: Skuter Retro-Modern
Sumber :
  • honda

Pasar skuter matik di Indonesia semakin berwarna dengan hadirnya Honda Stylo 160. Motor ini dirancang untuk mereka yang ingin tampil stylish dengan sentuhan retro, namun tetap menginginkan performa mesin yang bertenaga dan fitur modern. Kehadirannya langsung menarik perhatian, sebab memadukan desain klasik yang elegan dengan teknologi canggih khas motor masa kini.

Dreame Pano S1 dan S2 Resmi Meluncur: Soundbar Dolby Atmos 500W dan 630W untuk Pengalaman Audio Sinematik di Rumah

Performa dan Teknologi

Honda Stylo 160 dibekali mesin eSP+ berkapasitas 156,9 cc, 4-katup, dengan pendingin cairan. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sekitar 15,1 hingga 15,4 PS pada 8.500 rpm serta torsi puncak 13,8 Nm pada 7.000 rpm. Tenaga tersebut setara dengan motor-motor matik kelas atas Honda, seperti PCX dan ADV 160, namun tetap menawarkan efisiensi bahan bakar yang cukup baik.

Yadea Ova Resmi Hadir di Indonesia! Sepeda Listrik Stylish Rp8 Jutaan yang Cocok untuk Perempuan Modern

Tidak hanya mesin, rangkanya juga menggunakan teknologi eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame). Rangka jenis ini dikenal lebih ringan namun tetap kokoh, sehingga memberikan kestabilan saat berkendara. Kombinasi tersebut membuat Stylo 160 terasa lincah di jalanan perkotaan, sekaligus nyaman dipakai menempuh perjalanan jarak menengah.

Suspensi motor ini juga didesain untuk menunjang kenyamanan. Bagian depan menggunakan suspensi teleskopik, sementara belakang memakai sistem swing arm dengan suspensi tunggal. Dengan konfigurasi tersebut, Honda Stylo 160 mampu meredam guncangan jalan dengan baik, meski melewati jalanan bergelombang atau tidak rata.

Laku Keras, Honda Prelude Baru Langsung Dihentikan Pemesanannya di Jepang

stylo#honda

Sistem Rem dan Ban

Soal keamanan, Honda tidak main-main. Skuter ini hadir dengan dua pilihan sistem pengereman, yaitu varian ABS dan CBS.

  • Pada varian ABS, rem depan menggunakan cakram berdiameter 220 mm yang dipadukan dengan cakram belakang berukuran sama. Sistem ABS satu-channel memastikan roda tidak mudah terkunci saat pengereman mendadak, sehingga lebih aman di kondisi jalan licin.

  • Sementara itu, varian CBS menggunakan cakram depan 190 mm dan tromol di bagian belakang. Pilihan ini lebih sederhana, namun tetap cukup aman untuk kebutuhan berkendara harian.

Untuk menopang bodinya, Honda Stylo 160 menggunakan ban tubeless berukuran 110/90 di depan dan 130/80 di belakang, keduanya dipasang pada velg 12 inci. Kombinasi ini membuat motor terlihat proporsional sekaligus memberikan stabilitas saat menikung.

Fitur Modern

Meskipun tampil dengan desain retro, Honda tidak melupakan kebutuhan fitur modern. Seluruh sistem pencahayaan sudah menggunakan lampu LED yang lebih terang dan hemat energi. Panel meter full digital menampilkan beragam informasi penting, mulai dari indikator bahan bakar, jam, konsumsi BBM, hingga tripmeter.

Halaman Selanjutnya
img_title