Langkah Perdana Dirut Baru Telkom: Perkuat Kolaborasi

Dian Siswarini
Sumber :
  • Istimewa

Gadget – Semangat baru ditunjukkan melalui langkah awal sang Direktur Utama Telkom yang baru, Dian Siswarini, yang langsung turun ke lapangan untuk memahami kebutuhan pelanggan secara langsung dan memperkuat kolaborasi yang telah terjalin.

Didampingi oleh Direktur Enterprise and Business Service Telkom Veranita Yosephine dan EVP Telkom Regional III Fera Pebrayenti, kunjungan kerja tersebut dilakukan ke dua segmen penting pelanggan Telkom, yakni pelanggan korporasi (B2B) dan pelanggan ritel (B2C), di wilayah Surabaya pada Senin, 16 Juni lalu. Kegiatan ini menandai langkah konkret awal dalam upaya menyelaraskan transformasi digital Telkom dengan kebutuhan pasar yang terus berkembang.

Kolaborasi Digital Bersama Pelanggan B2B

Salah satu titik kunjungan penting adalah ke PT Tanto Intim Line, perusahaan logistik yang telah menjadi mitra strategis Telkom dalam implementasi solusi digital berbasis Internet of Things (IoT). Perusahaan ini sukses mengadopsi solusi IoT Tracking Container, hasil kolaborasi dengan Telkom, untuk memantau pergerakan kontainer secara real-time.

Solusi ini mencakup penyediaan perangkat Sensor Tracking Container, teknologi Bluetooth Low Energy (BLE), hingga infrastruktur LoRaWAN Gateway di area depo. Tak hanya itu, layanan Managed Service Tracking Container yang mencakup API untuk integrasi data, konektivitas sensor, monitoring dashboard, dan layanan jaminan kualitas (assurance) juga telah disediakan Telkom demi efisiensi operasional mitranya.

Dalam pernyataannya, Dian Siswarini menekankan pentingnya memperkuat kualitas pelayanan melalui eksekusi yang andal dan berkelanjutan.

“Kuncinya adalah memperkuat kualitas eksekusi agar produktivitas meningkat dan layanan menjadi lebih baik, guna mewujudkan Telkom sebagai katalis ekosistem digital Indonesia yang mampu bersaing secara global. Service excellence harus kita bangun, baik untuk pelanggan eksternal maupun internal, dengan menjunjung kolaborasi,” ujarnya.

Sentuhan Layanan B2C: Lebih Dekat dengan Konsumen

Tak hanya menyapa pelanggan korporasi, Telkom juga menunjukkan kepeduliannya terhadap pelanggan ritel. Kunjungan ke GraPARI TelkomGroup Manyar, Surabaya, menjadi simbol komitmen perusahaan dalam menjaga kepuasan dan kualitas layanan pelanggan Business-to-Consumer (B2C). Langkah ini penting dalam membangun ekosistem layanan yang inklusif dan mendengarkan suara dari semua lini pelanggan.

Dalam kesempatan tersebut, Veranita Yosephine menegaskan bahwa kepuasan pelanggan adalah fondasi dari keberhasilan jangka panjang perusahaan.

“Kita harus mempertahankan, mengembangkan, serta memperkuat pelayanan dan kepuasan pelanggan. Kita harus mampu memberikan solusi yang tidak hanya berbasis fitur, tapi juga melalui pelayanan yang lebih personal dan sesuai dengan karakter pelanggan agar tercipta loyalitas yang berkelanjutan,” ungkapnya.

Langkah Telkom untuk turun langsung menyentuh pelanggan di berbagai segmen ini membuktikan bahwa strategi perusahaan tidak hanya berorientasi pada teknologi, namun juga pada human-touch yang menjadi pembeda di tengah ketatnya persaingan layanan digital.

Peninjauan Infrastruktur Digital: Pastikan Kesiapan Masa Depan

Dalam rangka memperkuat fondasi digital, jajaran direksi juga meninjau Data Center TelkomGroup di Surabaya. Peninjauan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan infrastruktur digital Telkom dalam menunjang bisnis pelanggan dan mewujudkan layanan digital berbasis data yang andal.

Kegiatan kunjungan dilanjutkan dengan sesi diskusi internal bersama karyawan Telkom Regional III. Fokus diskusi adalah memperkuat pemahaman mengenai agenda transformasi perusahaan dan strategi peningkatan profitabilitas yang berkelanjutan.

EVP Telkom Regional III, Fera Pebrayenti, menyampaikan bahwa penting bagi Telkom untuk terus mendengarkan kebutuhan pelanggan dan memastikan bahwa setiap solusi yang dihadirkan sesuai dengan ekspektasi.

“Kami terus mendengarkan pain point pelanggan agar setiap layanan ter-deliver dengan baik. Melalui program seperti Excellence Sales Growth, Regional Winning Group, dan Sales Execution Program, kami memastikan setiap proyek berjalan sesuai standar dan berintegritas,” jelas Fera.

Fera juga menambahkan bahwa pihaknya terus meningkatkan kapabilitas tim melalui metode consultative selling, mentoring, dan coaching. Tujuannya adalah memastikan proses eksekusi dari awal hingga akhir berjalan secara optimal.

Awal Baru yang Menjanjikan

Langkah awal Dian Siswarini sebagai nakhoda baru Telkom mencerminkan arah kepemimpinan yang inklusif dan adaptif. Ia tidak hanya berbicara soal strategi di atas kertas, tetapi langsung menyentuh akar operasional dan kebutuhan nyata di lapangan.

Kolaborasi lintas segmen pelanggan, peninjauan infrastruktur, dan dialog internal dengan tim menjadi bagian dari rangkaian yang menggambarkan pendekatan holistik untuk mempercepat transformasi digital Telkom.

 

Dapatkan informasi terbaru seputar Gadget, Anime, Game, Tech dan Berita lainnya setiap hari melalui social media Gadget VIVA. Ikuti kami di :
Instagram @gadgetvivacoid
Facebook Gadget VIVA.co.id
X (Twitter) @gadgetvivacoid
Whatsapp Channel Gadget VIVA
Google News Gadget