Gampang dan Murah! Begini Cara Ganti Komstir Motor Sendiri di Rumah

Cara Ganti Komstir Motor Sendiri
Sumber :
  • lifeworks

Banyak pengendara motor yang merasa setir motornya mulai berat atau terasa jedag-jedug saat dibelokkan. Jika kamu merasakan hal itu, kemungkinan besar penyebabnya adalah kerusakan pada komstir. Komstir adalah komponen penting yang menghubungkan stang dengan roda depan. Untungnya, kamu bisa mengganti komstir motor sendiri dengan cara yang mudah dan murah, bahkan tanpa harus ke bengkel asal tahu langkah-langkahnya.

Untuk kamu yang suka oprek motor atau sekadar ingin hemat biaya, artikel ini akan membimbingmu mengganti komstir motor dengan aman, cepat, dan efisien. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!


Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan

Sebelum memulai proses penggantian, pastikan kamu sudah menyiapkan alat dan bahan berikut:

  • Kunci pas atau ring (ukuran tergantung tipe motormu)

  • Obeng (+ dan -)

  • Palu karet

  • Dongkrak atau standar tengah

  • Pelumas/grease

  • Satu set komstir baru (bearing dan rumah komstir)

Kamu bisa membeli komstir di toko onderdil motor atau marketplace. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp30.000 hingga Rp150.000, tergantung merek dan kualitas.


Langkah-langkah Mengganti Komstir Motor

1. Posisikan Motor dengan Aman

Langkah pertama adalah memastikan motor dalam posisi stabil. Gunakan standar tengah atau dongkrak agar roda depan terangkat. Posisi ini penting agar kamu bisa melepas bagian depan motor dengan aman.

2. Bongkar Komponen Depan

Setelah motor aman, lepaskan bagian depan motor, seperti:

  • Spidometer (jika berada di stang)

  • Lampu depan

  • Cover atau pelindung stang

  • Sistem rem depan (baik cakram maupun tromol)

Langkah ini bertujuan untuk membuka akses ke bagian komstir dan segitiga depan.

3. Lepas Roda dan Shockbreaker

Selanjutnya, lepaskan roda depan motor. Jangan lupa cabut kabel speedometer jika masih menggunakan sistem manual. Setelah itu, longgarkan dan lepas baut shockbreaker dari segitiga motor.

4. Buka Segitiga dan Komstir Lama

Gunakan kunci pas untuk membuka mur pengunci komstir. Kemudian, lepaskan segitiga atas dan bawah. Komstir lama biasanya terdiri dari bearing (bola baja) dan rumah komstir. Jika terlihat aus, retak, atau terasa berat saat stang diputar, maka sudah waktunya diganti.

5. Bersihkan dan Pasang Komstir Baru

Sebelum memasang komstir baru, bersihkan terlebih dahulu bagian rumah komstir dari debu atau sisa pelumas lama. Setelah bersih, oleskan grease secukupnya pada bearing baru agar tidak cepat aus dan berfungsi maksimal.

Masukkan bearing dan rumah komstir baru ke tempatnya. Gunakan palu karet untuk membantu menekan dengan lembut, agar tidak merusak permukaan.

6. Kunci Kembali Segitiga

Pasang kembali segitiga atas dan bawah, lalu kencangkan mur komstir. Jangan terlalu kencang agar stang tetap bisa bergerak bebas dan ringan. Coba putar stang beberapa kali untuk memastikan tidak seret atau berat.

7. Pasang Ulang Semua Komponen

Setelah komstir baru terpasang dengan sempurna, kembalikan semua komponen seperti semula. Mulai dari shockbreaker, roda depan, sistem rem, kabel-kabel, hingga penutup stang dan lampu depan.

Terakhir, periksa kembali semua baut agar tidak ada yang kendor. Setelah itu, kamu siap berkendara lagi dengan setang yang lebih enteng dan nyaman!


Ciri-Ciri Komstir Motor Rusak

Kamu perlu mengganti komstir jika menemukan gejala-gejala berikut:

  • Stang terasa berat saat dibelokkan

  • Ada suara “klek-klek” saat berbelok atau melewati jalan berlubang

  • Roda depan terasa oleng atau goyang

  • Timbul getaran saat berkendara dalam kecepatan sedang

Kalau gejala-gejala ini dibiarkan, bisa membahayakan keselamatan saat berkendara.


Tips Hemat Saat Ganti Komstir

1. Gunakan Komstir Aftermarket Berkualitas

Banyak pilihan komstir lokal seperti NPP, Aspira, dan TDR yang punya kualitas bagus tapi tetap ramah di kantong.

2. Pasang Sendiri

Kalau punya sedikit keterampilan mekanik, kamu bisa menghemat biaya jasa bengkel yang biasanya berkisar Rp50.000–Rp100.000. Selain hemat, kamu juga bisa belajar lebih mengenal bagian motor kamu sendiri.

3. Ganti Komstir Saat Servis Berkala

Manfaatkan momen servis rutin seperti ganti oli atau cek shockbreaker untuk sekaligus ganti komstir. Jadi kamu tidak perlu bongkar motor dua kali.

Mengganti komstir motor tidak sesulit yang dibayangkan. Dengan sedikit usaha, alat yang tepat, dan panduan di atas, kamu bisa menghemat waktu dan biaya, sekaligus memastikan motor tetap nyaman dan aman digunakan.

Jadi, jika setang motormu mulai terasa aneh, jangan tunggu lama—ganti komstirnya segera!